Pilih Baterai Li po atau Li lon

Untuk memenuhi kebutuhan teknologi nirkabel dan portable seperti smartphone semakin meningkat. Teknologi baterai kini pun semakin berkembang, dari baterai yang dulunya menggunakan baterai kering yang tidak bisa diisi ulang daya, kini teknologi rechargeable baterai semakin memudahkan dan memurahkan biaya untuk peralatan nirkabel, elektronik, termasuk telpon seluler. Jika Anda pengguna smartphone, atau telpon seluler, pernahkah Anda memperhatikan baterai ponsel Anda?
pernahkahkah Anda mempertimbangkan spesifikasi baterai pada telpon seluler Anda?
Ada dua jenis baterai yang biasa digunakan pada smartphone, atau telpon seluler. Ada baterai Li-Po dan ada baterai Li-Ion. Lalu apa perbedaan beda baterai Li-Po dan dan Li-Ion?

Baterai Li-Ion
Baterai ini adalah Baterai yang Paling sering di Gunakan, Baterai Li-Ion (Lithium-Ion) terbuat dari bahan Lithium Cobalt Oxide atau Lithium Iron Phosphate. karena Ukurannya yang kecil dan Ringan Baterai ini Sangat banyak di Gunakan oleh HP dari berbagai merek.

Kelebihan:
1. Umur Baterai Lithium Ion lebih Pendek sebaiknya anda melakukan Pengisian pada saat Baterai ini benar-benar sudah Habis atau Indikator ponsel  menunjukkan  baterai sudah dalam keadaan Lemah.
2. Daya Lebih besar.
3. Perawatan Lebih Mudah di bandingkan Li-Po
4. Bisa di isi Ratusan Kali.

Kekurangan:
1. Baterai Li-Ion Tidak tahan Pada suhu yang Panas.
2. Jika di isi ulang berlebihan akan membuat Umur Baterai Tidak Awet.

Baterai Li-Po
Baterai ini adalah baterai yang tergolong baru, Li-Po (Lithium-Ion Polymer) terbuat dari Bahan Polyethylene Oxide atau Polyacrylonitril. Baterai Li-Po ini lebih Ramah Lingkungan di bandingan Li-Ion, selain itu Baterai ini juga Memerlukan Perawatan yang Lebih Istimewa. Sifatnya jauh berbeda dengan Li-Ion, karena Baterai ini bersifat Cair(Liquid), baterai Li-Po Lebih Rawan terhadap Benturan dan Tekanan.

Kelebihan:
1. Lebih Ramah Lingkungan dan Aman
2. Fleksibel karena yang sifatnya Cair.
3. Lebih Ringan
4. Li Pol Relatif Mengalami Kehilangan Kemampuan Menyimpan daya lebih sedikit dibandingkan Li Ion

Kekurangan:
1. Biaya Produksi lebih Mahal
2. Jika Terkena benturan Keras Bisa berubah Bentuk.
3. Membutuhkan Charger khusus yang  menyalurkan daya yang sama Besarnya kepada seluruh Sel.

Kabar Baiknya dari Kedua Baterai di atas adalah Jika kita Menchargernya Rutin Tidak sampai Drop/HP Mati Paling Tidak masih Tersisa 30% Akan Membuat Umur Baterai Lebih Panjag.
itulah sedikit Ulasan tentang Baterai Li-Ion dan Li-Po,

Berlangganan Gratis Update:

0 Response to "Pilih Baterai Li po atau Li lon"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar
No spam anchor text segera kami hapus
Terima Kasih