Minal ‘Aidin Wal Faizin
Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Cara isi freon kulkas

Setiap kali kulkas atau mesin pendingin mengalami kerusakan disisi sirkulasi freonnya, baik karena kebocoran jalur atau kerusakan kompressor atau karena kerusakan komponen lain dalam jaringan sirkulasi freon, maka mau tidak mau freon harus diganti, freon lama walaupun masih banyak dan bagus harus dibuang agar jaringan sirkulasi freon pada kulkas menjadi kosong, hal inilah yang kadang –kadang membuat total harga servis kulkas menjadi mahal.

klea134a

Oleh karena itu penting bagi pihak bengkel untuk memberitahukan kepada konsumen sebelum melakukan perbaikan pada kasus yang semacam ini, terangkan kejadian serta kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi ketika akan menangani kasus yang berkaitan dengan kebocoran jaringan freon, kemungkinan buruk itu yaitu adanya keharusan mengosongkan jaringan untuk melakukan perbaikan seperti pengelasan, penggantian filter, perbaikan kompressor dan kegiatan lain yang membutuhkan pemotongan jalur feon.
Dengan melakukan langkah persuasive terhadap konsumen maka dapat terhindar adanya kesalah pahaman, karena kondisi ketidak tahuan konsumenyang dapat menimbulkan hilangnya kepercayaan pelanggan pada pihak bengkel.
Berkaitan dengan masalah penambahan atau pengisian ulang freon ke dalam kulkas berikut ini adalah petunjuk cara melakukan pengosongan ( vaccum) dan pengisian ( discharge)freon.

Cara vaccum freon tanpa pompa vaccum.
Cara ini biasa disebut vacuum strainer, karena metode vacuum yang dilakukan melalui lubang saringan ( strainer), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan blender gas.
2. Methyl sebagai pembersih pipa
3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk kulkas.
4. Kawat las dan borax
5. Tang Ampere meter
Langkah-Langkah Pengerjaan:

1. Sebelum memulai pengerjaan mengganti, atau menambahan freon perlu diketahui dulu bagaimana rangkaian sirkulasi freon pada kulkas, gambar dibawah ini memperlihatkan arah aliran freon di mulai dari discharge compressor lalu ke kondensor, lalu ke strainer dimana terjadi proses filtrasi, lalu ke pipa kapiler, perhatikan bahwa pipa kapiler dipasang melilit pada pipa keluaran evaporator dengan tujuan agar proses pertukaran panas lebih efisien, kemudian freon yang dingin dari condenser akan melewati evaporator  di mana material yang didinginkan ditempatkan diatasnya, dari evaporator freon akan masuk kembali ke compressor melalui line suction. Lihat sirkulasi aliran Freon pada gambar di bawah ini:

ISI FREON TANPA VAKUM PUMP 

Keterangan gambar;

Accumulator
Evaporator
Condenser
Strainer
Manifold
Tang ampere
Kompressor
Tabung Freon
Jadi freon pada mesin pendingin  itu bersirkulasi dalam rangkaian tertutup, sedangkan untuk menambahkan freon dibutuhkan jalur untuk memasukkan freon ke dalam rangkaian tertutup tersebut. Jalur untuk menyuntikan freon dinamakan pentil, pada prakteknya pentil ini di buat pada 2 tempat, satu pada compressor dan satu lagi pada strainer. Pada gambar dibawah ini terlihat pipa yang digunakan untuk menempatkan pentil, satu pipa pada stainer yang ditunjukkan dengan hurup D dan satu pada compressor yang ditunjukkan dengan hurup E
ISI FREON TANPA VAKUM PUMP 

Keterangan gambar;

Strainer
Pipa Discharge
Pipa Kapiler
Pipa injeksi stainer
Pipa injeksi compressor
Pipa suction
Pentil yang dipasang pada pipa injeksi kompressor digunakan untuk memasukkan freon, sedangkan pipa injeksi pada stainer digunakan untuk memeriksa apakah freon  pada saat pengosongan  sudah benar-benar keluar semua, serta untuk memeriksa apakah jalur freon sudah benar-benar terisi pada saat pengisian freon.

2. Pasang tang amper,  kemudian pasang selang manifold warna kuning pada pentil pengisian freon di kompresor maksudnya agar proses pemakuman dapat dimonitor. Pentil untuk mengisi Freon di compressor harus kita buat dulu karena pada awalnya belum tersedia fasilitas ini, caranya adalah sebagai berikut; siapkan pipa kapiler kira-kira sepanjang 30cm, potong tubing tembaga ukuran ¼ inch sepanjang 10cm, bersihkan ujung potongannya, pada ujung yang satu diberi nut dan dilakukan flaring agar ujung tubing bisa disambung dengan konektor, pada ujung lain daripada tubing 10cm ini di masukkan pipa capiler yang sudah kita siapkan sebelumnya, masukkan pipa kapiler ini kira-kira 3 cm kedalam tubing tembaga ¼ inch lalu dipatri agar ujung tubing tertutup rapat. Lihat gambar dibawah ini menunjukkan pentil yang sudah terpasang pada compressor, pada strainer harus dibuatkan pula pentil seperti ini;
compresor dengan pentil



3. Hidupkan kulkas agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak, rasakan dengan jari tangan, bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terdapat di dalam pipa pipa akan keluar.
4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit.
5. Jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, check bekas las las- an pada pipa.
6. Pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil yang diisi methyl gelembung udara sudah berhenti,  jika ada penurunan tekanan berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las- an pada pipa.
7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini:
– Cabut power kulkas, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power kulkas di cabut kompresor kulkas tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua, setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.
8. terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada kulkas dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai.

Cara mengisikan freon
Ada banyak kasus pada kulkas, seperti kulkas mati total,kulkas kurang dingin ,kulkas tidak dingin dan sebagainya. kali ini kita akan membahas bagimana Cara mengisi freon kulkas, dimana hal ini sangat penting untuk dimengerti oleh setiap seorang teknisi kulkas atau siapa saja yang ingin memperbaiki kulkas.
Berikut langkah langkah dan praktek cara mengisi freon pada kulkas :
1. Siapkan freon kulkas R-134a atau MC 134 (produk MUSIcool)
2. Manifold gauge
3. Mesin Vakum
4. Methyl (cairan pembersih kulkas)
5. Mesin Las/ hicook tabung
6. Tang Amper

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor kulkas. ” kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu kulkas tidak bisa dingin dan kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor kulkas sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC
2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai 30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon kulkas, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon kulkas.
3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon kulkas jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit,jangan melebihi batas 10 psi
4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas, bila sisi kulkas terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya, periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi kulkas terasa hangat hangat kuku lanjutkan mengisi freonnya, kulkas hangat pada sisi luar menandakan sirkulasi freon pada kulkas normal.
5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik kulkas (name plat)ampere kulkas biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya kulkas. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.
6. Bila freon kulkas sudah mencapai tekanan 10psi, tutup kran pada tabung freon kulkas dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan kulkas dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge.
7. Jarum manifold gauge pada saat kulkas di matikan harus menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi ini artinya sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal.
8. Setelah kulkas di matikan dan tekanan freon di lihat normal tunggu sampai paling lambat 10 menit lalu nyalakan kembali kulkas. Amati seluruh sistem sehingga yakin bahwa keadaan kulkas bekerja dengan baik, pendinginan di tiap kompartmen sesuai dengan setelan suhu yang diinginkan, suara kompresor tidak berisik, dan tang ampere menunjukkan konsumsi arus yang normal

Sumber:JasaService

Berlangganan Gratis Update:

0 Response to "Cara isi freon kulkas"

Post a Comment